Resep Macaroni Schotel Tuna Kukus

yang Enak dan Praktis

Casserole berisi macaroni schotel tuna kukus dengan lumuran saus sambal.

Ingin membuat macaroni schotel yang nggak bikin repot tapi enak? Biasanya macaroni schotel dibuat dari tumisan daging ayam atau daging sapi. Kali ini resep macaroni schotel kukus diracik dari daging ikan tuna kalengan siap pakai sehingga kamu tak perlu repot-repot mencincang dan memasaknya hingga matang.

Penasaran dengan cara membuat macaroni schotel kukus yang satu ini? Simak berikut ini, yuk!

 

Pilih Bahan Isi Sesuai Selera

Ada dua jenis ikan tuna kalengan yang beredar di pasaran, yaitu ikan tuna kalengan yang direndam dalam minyak dan air garam. Sebelum menggunakannya, tiriskan tuna menggunakan saringan supaya daging ikan tuna tidak terlalu berair atau berminyak. Tekan daging ikan tuna dalam saringan menggunakan sendok untuk membuat minyaknya keluar. 

Kamu juga bisa menggunakan ikan tuna segar yang dibumbui dengan garam dan merica, lalu dikukus hingga matang. Suwir-suwir ikan tuna sebelum ditumis bersama bahan-bahan lainnya. Memilih ikan tuna segar sepertinya cocok buat kamu yang sedang diet bahan makanan olahan.  

Untuk isian sayurannya, selain wortel dan kacang polong kamu juga bisa menggunakan sayuran lain, seperti jamur, jagung pipil, kentang, buncis, atau brokoli. Pilih beberapa jenis sayuran dengan warna yang berbeda supaya schotel kamu terlihat lebih menarik. Idealnya tentu resep ini menggunakan pasta jenis macaroni. Namun kalau kehabisan, kamu juga bisa menggunakan pasta kecil jenis lain seperti fusilli, farfalle, rigatoni, atau penne sebagai alternatif. 

 

Cara Membuat Macaroni Schotel Kukus

Proses membuat macaroni schotel tentu sudah tidak asing lagi, namun bagaimana bila menggunakan ikan tuna? Tak jauh berbeda tentunya. Pertama tumis terlebih dahulu bawang, wortel, kacang polong, lalu kemudian ikan tuna. Setelah mulai matang dan merata, baru tambahkan macaroni yang telah direbus dan bumbui dengan garam serta merica. Aduk hingga semua merata.

Setelah siap, campurkan dengan adonan telur dan susu. Lanjutkan dengan memindahkan adonan macaroni schotel ke dalam mangkuk-mangkuk kecil tahan panas atau ramekin. Taburi keju dan kukus. Pada kesempatan lain, bisa juga kamu memanggangnya dalam oven dengan menggunakan casserole tanpa harus dipindahkan ke dalam setiap ramekin terlebih dahulu.

Supaya makin mantap, tentu hidangan ini akan lebih sedap kalau disajikan bersama Jawara Saus Sambal Hot. Kamu yang suka rasa pedas ekstra bisa pilih Jawara Saus Sambal Extra Hot sebagai pelengkapnya. Cobain resep Macaroni Schotel ini untuk agenda masak di rumah besok, yuk! 

Bahan

  • 4 sendok makan margarin
  • 100 gram bawang bombay cincang halus
  • 4 siung bawang putih cincang halus
  • 200 gram wortel potong dadu kecil
  • 50 gram kacang polong beku
  • 100 gram tuna kalengan
  • 200 gram macaroni
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica hitam bubuk
  • 3 butir telur
  • 300 ml susu cair
  • Jawara Saus Sambal Extra Hot 

Cara Masak

 
  1. Lelehkan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  2. Tambahkan wortel dan kacang polong, masak hingga setengah matang.
  3. Masukkan tuna kalengan, aduk rata.
  4. Tambahkan macaroni, garam, dan merica hitam bubuk, aduk kembali hingga rata. Angkat
  5. Kocok telur dan susu cair hingga tercampur rata.
  6. Masukkan telur ke dalam tumisan macaroni, aduk rata.
  7. Tuang adonan macaroni schotel kedalam 6 buah mangkuk tahan panas. Tutup permukaan schotel dengan keju parut. 
  8. Kukus dalam dandang panas hingga matang.
  9. Sajikan dengan Jawara Saus Sambal Extra Hot.