Resep Mie Shirataki Goreng Untuk Kamu

yang Sedang Diet Rendah Kalori

Resep Mie Shirataki Goreng

Mie shirataki beberapa tahun terakhir populer sebagai salah satu makanan pengganti karbohidrat terutama bagi mereka yang sedang diet keto atau diet rendah kalori. Sekedar informasi buat kamu, mie ini berasal dari umbi-umbian yaitu tepung iles-iles. Bahan pembuat mie ini juga dikenal dengan sebutan lain, yaitu konyaku dengan tekstur yang kenyal dan berwarna putih.

Sebelum shirataki populer, mie konyaku ini lebih dulu dikenal sebagai salah satu bahan dalam hidangan sukiyaki di restoran berkonsep dapur Jepang. Cita rasanya cenderung hambar, sehingga biasa diolah dengan cara ditumis bersama bumbu dan bahan protein atau sayuran supaya lebih sedap atau dijadikan sebagai mie kuah. Untuk itu, bumbu dengan cita rasa kuat cenderung membuat rasanya yang tadinya hambar jadi lebih enak disantap.

Jenis-jenis Olahan Konyaku selain Mie Shirataki

Kalau kamu sering mengonsumsi mie shirataki dalam bentuk kering dan basah, berikut ini beberapa jenis olahan konyaku lain yang juga bisa kamu olah.  

1.       Nasi shirataki

Nasi shirataki juga tak kalah populer di toko-toko bahan makanan organik atau sehat.  Seperti halnya nasi berbahan beras, cara memasaknya juga sama dengan nasi yang biasa kamu masak menggunakan rice cooker. Hanya saja komposisi air yang digunakan sekitar tiga hingga empat kali lebih banyak ketimbang menanak nasi karena untuk membuatnya matang dengan tekstur yang persis seperti nasi, shirataki membutuhkan atau menyerap lebih banyak air.

2.       Fettucine

Shirataki juga diolah menyerupai bentuk fettucine atau fettucini. Jenis yang ini bisa kamu olah sebagai bahan utama resep berbahan pasta. Padukan dengan saus bolognaise, saus keju, atau dimasak dengan cara ditumis menggunakan minyak zaitun, bawang putih cincang, dan Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng

3.       Angel hair

Ukuran angel hair lebih kecil dan lebih tipis ketimbang mie shirataki. Kamu bisa mengolahnya untuk masakan pasta, mie goreng, atau sebagai bahan isi masakan berkuah seperti sukiyaki, sup, atau  soto.    

Selain punya beberapa variasi bentuk, shirataki juga fleksibel diolah dalam berbagai jenis masakan dengan cita rasa yang bervariasi, misalnya hidangan Asia, Eropa (dijadikan substitusi pasta), hingga Nusantara. Tambahkan protein seperti daging sapi, daging ayam, atau seafood seperti udang supaya lebih sedap. Untuk kamu yang baru akan memulai gaya hidup sehat atau diet rendah karbohidrat, yuk, masak mie komplet dengan banyak sayuran ini!   

Bahan

  • 3 bungkus mie shirataki basah
  • Air, untuk merebus 
  • 4 siung bawang putih, cincang halus 
  • 2 cm jahe, parut   
  • 200 g dada ayam filet, iris  
  • 100 g jamur hioko segar, iris 
  • 100 g wortel, potong korek api 
  • 2 batang daun bawang, iris serong 
  • ½ sdt garam     
  • 2 sdm Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng 
  • 3 sdm minyak, untuk menumis

   

Bumbu, aduk rata:  

  • 1 sdm minyak wijen  
  • 1 sdt garam  
  • 1 sdt merica putih bubuk  

Cara Masak

  1. Tiriskan mie shirataki. Didihkan air, rebus mie shirataki selama 5 menit. Angkat dan tiriskan. Aduk rata bersama bumbu. Sisihkan.   
  2. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan daging ayam, tumis hingga setengah matang. Masukkan jamur, wortel, dan garam, tumis hingga jamur matang.  
  3. Masukkan daun bawang dan mie shirataki, aduk merata. Angkat. Pindahkan ke dalam piring   saji dengan tambahan Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng di atas mie shirataki. Sajikan.