Resep Tahu Bakso Khas Semarang,

Mantap Untuk Camilan Sekaligus Lauk 

Delapan potong tahu bakso goreng di atas talenan kayu, sepiring saus sambal di sampingnya.

Sejak dulu, tahu menjadi salah satu hidangan favorit Indonesia. Selain murah dan mudah didapat, tahu fleksibel diolah menjadi camilan atau lauk teman nasi. Dimulai dari Tahu Crispy Pedas, Tahu Isi Aneka Jamur, atau resep Tahu Bakso Khas Semarang versi Jawara yang #NagihEnaknya ini.

Saking banyaknya variasi olahan tahu menjadikan sumber protein murah meriah ini hampir selalu ada di kulkas. Nah, karena kerap menjadi persediaan bahan dalam lemari es, tak jarang lupa diolah dan menyebabkan tahu menjadi berlendir dan cita rasanya jadi asam. Maka tentu saja bahan ini harus berakhir di tempat sampah, kan?

Inilah salah satu aktivitas tak sengaja yang membuahkan food waste dari rumahmu. Hal ini juga membuat kamu turut berperan menjadikan Indonesia sebagai penghasil sampah sisa makanan kedua terbesar di dunia. Bayangkan, sisa makanan yang terbuang percuma setiap tahunnya berjumlah sekitar 21 hingga 48 ton. Mencengangkan!

Sebagai generasi muda yang peduli dengan lingkungan saatnya kamu mengambil peran dengan memulai gaya hidup zero waste dari rumah. Awali dengan selalu mengolah bahan pangan di rumah hingga tak bersisa. Jangan lupa untuk selalu perhatikan umur simpan bahan di kulkas, misalnya persediaan tahu di kulkas yang idealnya hanya bertahan beberapa hari dalam keadaan direndam bersama air dalam wadah. Selain tahu kulit atau tahu cokelat, kamu juga bisa menggunakan sisa tahu putih atau tahu kuning. Goreng tahu hingga garing atau berkulit sebagai ‘wadah’ dari resep tahu bakso. Perpaduan tahu berisi adonan daging bersama cocolan Jawara Saus Sambal Hot ini enaknya bikin #SemuaJadiJawara.

Resep Tahu Bakso Khas Semarang ini lebih nikmat disantap selagi hangat. Goreng tahu bakso sebagai camilan untuk menemani momen ngeteh. Saat lagi kepengen makanan berkuah, kamu bisa kukus tahu bakso dan sajikan dengan kaldu ayam yang bisa kamu buat dari sisa potongan daging ayam atau bagian ceker di kulkas. Santap bersama Jawara Saus Sambal Hot agar #LengkapLezatnya dan bikin kamu sekeluarga #NagihSampaiHabis!

Bahan

  • 18 buah tahu kulit atau tahu cokelat 
  • Minyak, untuk menggoreng  

 

Adonan bakso :  

  • 400 g daging sapi cincang 
  • 80 g es batu  
  • 2 putih telur, kocok 
  • 8 siung bawang putih, haluskan  
  • 3 sdm bawang merah goreng  
  • ½ sdm kaldu sapi bubuk  
  • 1 sdt garam  
  • 1 sdt merica putih bubuk 
  • 100 g tepung tapioka
  • 1 batang daun bawang, iris tipis

 

Pelengkap :  

Cara Masak

  1. Kerat salah satu sisi tahu cokelat, keluarkan sebagian isinya menggunakan bantuan sendok. Ulangi proses serupa pada sisa tahu. Sisihkan.  
  2. Adonan bakso: Masukkan semua bahan kecuali tepung tapioka dan daun bawang  ke dalam chopper. Proses hingga tercampur rata. Keluarkan, lalu pindahkan ke dalam mangkuk besar. Tambahkan daun bawang, aduk. Masukkan tepung tapioka,  aduk rata.  
  3. Ambil 1 buah tahu, sendokkan adonan bakso ke dalamnya hingga penuh. Ulangi proses serupa pada sisa bahan.  
  4. Kukus tahu dalam dandang panas hingga matang. Angkat.  
  5. Panaskan minyak, goreng tahu bakso sebentar hingga permukaannya kecokelatan. Angkat.  
  6. Sajikan dengan Jawara Saus Sambal Hot.